Pohon Dedalu Buta dan Putri Tidur – Haruki Murakami

“Ketakutan memang sesuatu yang terburuk. Rasa sakit yang kubayangkan lebih buruk dari rasa sakit sebenarnya. Kamu paham maksudku?”

Daerah Cahaya – Yuko Tsushima

"Ketika ia membuka pintu dan aku melangkah ke dalam, aku berbisik dalam diriku, ya, inilah apartemen untukku. Lantai merah menyala terpapar sinar matahari terbenam dan kamar-kamar kosong berdetak dengan cahaya."

Pemilu – Chinua Achebe

"Dua koin shilling ini sungguh memalukan. Jika Marcus orang miskin yang dikutuk nenek moyang kita, aku pasti menjadi orang pertama yang memberikan suara untuknya, seperti pemilu sebelumnya."

Nyonya Crasthorpe – William Trevor (Bagian 1)

SAAT BERJALAN dari halaman gereja menuju mobilnya, Nyonya Crasthorpe menyadari adanya penghinaan besar. Ia merupakan satu-satunya orang yang berkabung di pemakaman suaminya, dan ia rasakan segala penghinaan itu ketika berada di sebuah gereja desa nan sederhana.

Hikayat La Florida – Laila Lalami

SAAT itu tahun 934 Hijriah, tahun ke-30 masa hidupku, 5 tahun aku dalam perbudakan, dan aku berada di ujung dunia yang asing. Aku berada di belakang Senor Dorantes, di daerah yang subur. Ia dan beberapa orang Castilla seperti dirinya menyebut daerah itu La Florida.

Duniazat – Salman Rushdie

HANYA SEDIKIT YANG DIKETAHUI, meski banyak yang sudah ditulis, tentang kebenaran asal-muasal jin, makhluk yang diciptakan dari api tanpa asap. Apakah mereka baik atau jahat, kejam atau jinak?

Kisah tentang Seorang Pelukis – Ludmilla Petrushevskaya

ADA SEORANG PELUKIS yang hidupnya sangat miskin. Ia bahkan tak bisa membeli satu crayon, hanya kuas dan cat saja kepunyaannya. Ia coba menggambar di trotoar dengan batu bata, tetapi tukang kebersihan dan petugas keamanan tak bisa mengapresiasi seni.

Clara – Roberto Bolano

IA MEMPUNYAI dada besar, kaki kecil, dan mata biru. Ya, begitulah aku sering mengingatnya. Aku tidak tahu kenapa aku jatuh cinta begitu hebat dengannya, tapi aku benar-benar mencintainya.

Laut yang Kehilangan Waktu – Gabriel Garcia Marquez

MENJELANG AKHIR JANUARI, lautan semakin kotor dan mulai membawa sampah-sampah besar ke kota. Beberapa minggu kemudian, semua telah terkontaminasi dan membuat suasana hati tak tertahankan. Sejak saat itu, dunia ini sudah tidak layak lagi untuk dihuni.

Hari yang Sempurna untuk Kanguru – Haruki Murakami

ADA EMPAT KANGURU di dalam kandang—satu pejantan, dua betina, dan satu bayi kanguru yang baru saja dilahirkan. Aku dan pacarku berdiri di depan kandang. Kebun binatang ini tidak begitu terkenal, dan karena ini hari Senin pula, jumlah binatang di kebun binatang jadi lebih banyak dibanding para pengunjung. Ini tidak berlebihan. Sungguh memilukan.

Diam yang Sempurna – Yiyun Li

BEBERAPA kali dalam setahun, sekitar hari libur Cina, Min menerima surel dari seorang lelaki yang ia temui dua kali dalam hidupnya. Tiap November—selepas perayaan...

Sekat – Jhumpa Lahiri

SETIAP Sabtu, satu keluarga baru akan datang menginap. Beberapa datang pagi-pagi benar dari tempat yang jauh dan siap untuk memulai liburan mereka. Lainnya, bahkan...

Kino – Haruki Murakami

LAKI-LAKI ITU selalu duduk di bangku yang sama, bangku terjauh di ujung meja bar. Tentu saja ketika bangku itu tidak ada yang menempati, dan...

Rekomendasi