Mahatma Gandhi | Pinterest
dibaca normal 2 menit

PADA 12 Maret 1930, seusai sembahyang, Gandhi beserta barisannya melangkahkan kaki menuju pesisir Kota Dandi sebagai awal gerakan nasional. Aksi berjalan kaki ini dilakukan Gandhi sebagai bentuk protes terhadap pemungutan pajak garam yang sangat tinggi. Barisan pengikutnya yang semula berjumlah kecil membengkak menjadi ribuan orang sesampainya di tujuan.

Itulah sepenggal kisah yang tertuang dalam komik seri Tokoh Dunia ke-20 Mahatma Gandhi. Membaca cerita biografi tokoh penting dunia, seperti Gandhi ini, dalam bentuk komik tentu punya keasyikan tersendiri. Apalagi, bagi penggemar komik, pasti paham betul keasyikannya.

Nah, bagi yang tak gemar membaca buku, membaca cerita biografi dalam bentuk komik tentu bisa menjadi alternatif. Kita tak perlu capek harus mencerna huruf demi huruf tiap halaman. Gambar ilustrasi di komik pun bisa membantu kita untuk membayangkan isi cerita.

Pun juga bagi orang tua, buku biografi berbentuk komik bisa digunakan sebagai bahan untuk mendongeng sekaligus memperkenalkan tokoh-tokoh inspiratif dunia. Komik yang bakal dikupas ini merupakan salah satunya.

Komik Mahatma Gandhi ini merupakan bagian komik-komik seri dunia yang diterbitkan Elex Media Komputindo. Kalau tidak salah, serinya mencapai 40-an lebih. Untuk edisi Mahatma Gandhi saja sudah dicetak empat belas kali.

Mari kita masuk ke ceritanya, dan mungkin ini akan sedikit spoiler. Lahir dengan nama Mohandas Karamchand, Gandhi adalah anak bungsu dari keluarga yang termasuk kasta Waisya, kasta ketiga dari golongan masyarakat di India.

Mahatma Gandhi
Sampul depan buku komik Mahatma Gandhi.

Gandhi dikenal sebagai sosok yang paling penting dalam kemerdekaan India. Pada awal cerita, dikisahkan mengenai kejujuran Gandhi yang sudah terlihat sejak ia masih kecil. Termasuk hal-hal buruk yang pernah dilakukan Gandhi saat masih remaja.

Baca Juga:  La Bête humaine: Terjebak dalam Lingkaran Dendam

Komik ini bisa dikatakan rangkuman kisah hidup dan rekam jejak Gandhi yang menurunkan banyak kebaikan. Nama, tempat, peristiwa, dan tahunnya disesuaikan dengan kejadian sebenarnya.

Beberapa nama dan peristiwa penting dijelaskan di bawah kolom gambar yang disertai keterangan. Tentu ini memudahkan pembacanya untuk lebih memahami alur cerita serta sejarah yang terjadi.

Mendekati halaman pamungkas dalam komik, dicantumkan penjelasan dan tanya jawab untuk menambah pengetahuan para pembaca. Tak hanya itu, terdapat juga kolom tabel berisikan tahun peristiwa yang bisa dicocokkan dari sumber lain.

Dari komik ini, pembaca disuguhkan berbagai sejarah di India, seperti tingkat golongan kasta yang masih terpatri dalam kehidupan di India hingga sekarang.

Pembacanya diajak berimajinasi mengenai kondisi di India saat itu—saat Inggris masih mencekik leher bangsa India. Gandhi tampil sebagai sentral perjuangan rakyat India.

Cerita perjuangan Gandhi tidak hanya di India, tetapi kisahnya membela masyarakat India di Afrika juga tertuang di dalamnya. Tidak tertinggal pula peristiwa saat Gandhi meninggal dunia serta cerita lahirnya saudara kandung India, yakni Pakistan.

Bagi para orang tua tidak perlu bingung mencari inspirasi untuk mendongengi anak. Kisah Gandhi ini bisa diceritakan untuk menambah wawasan anak agar mengetahui sejarah dari salah satu tokoh besar dunia.

Isi komik Mahatma Gandhi.

Dengan komik ini, anak-anak ditanami ajaran kebaikan Gandhi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mengenai sikap pantang menyerah, kesabaran, dan ketabahan menghadapi segala ujian tanpa kekerasan.

Anak-anak juga diajarkan bagaimana kejamnya kolonialisme. Orang tua dapat memberi contoh bahwa mengambil hak orang lain dan penindasan bukanlah perilaku yang dapat dibenarkan. Bahkan tidak hanya bagi anak-anak, remaja dan dewasa pun sangat bisa mendapatkan nilai-nilai dari komik ini.

Baca Juga:  Jika Difilmkan, Keluarga Gerilya Bisa Saja Meraih Oscar

Oh ya, sebagai tambahan, mengenalkan anak sejak dini dengan bacaan bisa membantu menumbuhkan kreativitas dan kecerdasan anak. Buku ini bisa menjadi bahan bacaan untuk anak-anak.

Data Buku

Judul               : Seri Tokoh Dunia Mahatma Gandhi

Pengarang     : Kwok Yuen Ming

Alih Bahasa   : Klara Slauw

Penerbit         : PT Elex Media Komputindo

Tebal              : 110 halaman

DUKUNG BOOKSANDGROOVE.com

BOOKSANDGROOVE.com tidak memasang adsense demi kenyamanan membaca di situs kami. Namun, kamu tetap bisa mendukung kami untuk menghasilkan artikel-artikel menarik seputar dunia buku.

Kamu bisa memberi dukungan BOOKSANDGROOVE.com dengan membeli buku-buku digital dari kami di Google Books. Pembayarannya bisa menggunakan Gopay, kartu kredit, maupun pulsa.

Sila klik tautan di judul-judul buku kami berikut ini.

  1. Diam yang Sempurna (Kumpulan Cerpen Dunia) - Yiyun Li, Haruki Murakami, Laila Lalami, Salman Rushdie, Ludmilla Petrushevskaya, Gabriel Garcia Marquez, dan Jhumpa Lahiri.
  2. Batavia 1619 - Njoo Cheong Seng
  3. Demam Moskou: Antologi Roman Awal Abad ke-20 - Kwee Tek Hoaij, Liem King Hoo, Piow Kioe An
  4. Njai Isah dan Cerita Lainnya - Ferdinand Wiggers (Versi paperback bisa dibeli di sini)
  5. Student Hijdo - Mas Marco Kartodikromo
  6. Kemujuran Seorang Pengarang - Kumpulan Interviu Jorge Luis Borges, Orhan Pamuk, Gabriel Garcia Marquez, dan Laila Lalami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here