cara membeli buku digital di playstore
dibaca normal 2 menit

Membeli buku kini kian mudah. Setelah bermunculan situs web toko buku daring dan toko-toko buku daring di media sosial dan platform e-niaga, kini kamu bisa mencoba membeli buku digital di aplikasi ponsel pintar.

Oke, sebelum membahas cara mudah membeli buku digital, mari kita bahas tentang buku digital. Buku digital merupakan versi elektronik dari buku cetak. Kemunculan buku digital ini merupakan imbas dari perkembangan dunia digital dan internet.

Buku versi elektronik ini diciptakan untuk lebih memudahkan dan juga efisiensi produksi. Versi elektronik tak membutuhkan ongkos produksi untuk cetak. Selain itu, versi elektronik dari buku juga sejalan dengan revolusi hijau dan semangat paperless. Bagi pembaca, dengan buku digital, kamu tidak butuh ruang besar untuk menyimpan buku atau repot-repot merawat buku cetak yang cenderung rapuh.

Buku digital bisa dibaca di perangkat komputer desktop, laptop, tablet, maupun ponsel pintar. Formatnya pun beragam. Dari pdf, lit, html, dan epub. Saat ini, format yang paling populer di aplikasi ponsel pintar adalah format epub. Banyak keunggulan format epub ketimbang pdf.

Pertama, epub menggunakan basis html sehingga teks dan halaman buku bisa disesuaikan dengan keinginan pembaca. Pembaca bisa memperbesar ukuran huruf buku maupun memperkecil. Halaman buku pun disesuaikan dengan layar gawai kita.

Selain itu, kita juga bisa mengeset buku digital format epub ini menjadi audiobook dengan menghidupkan fungsi “read aloud” di aplikasi pembaca. Kita tinggal memasang earphone hidupkan fungsi “read aloud”, voila, kita seperti dibacakan buku oleh seseorang.

Buku digital format pdf tak memiliki keunggulan dari format epub. Format pdf cenderung statis sesuai dengan halaman yang ada di buku versi cetak. Jika layar ponsel kita kecil, hurufnya pun ikut kecil. Untuk memperbesar, kita cuma bisa memperbesar halaman, bukan ukuran hurufnya. Sayangnya, penerbit di Indonesia banyak yang menjual buku digital dengan format pdf.

Baca Juga:  Buku-Buku Favorit Mantan Presiden Barack Obama Sepanjang 2018

Bagaimana cara kita membeli buku digital?

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi di ponsel pintar yang menjual buku-buku menarik. Dari PlayStore milik Google, Kobo Books, Amazon, hingga Gramedia Digital. Kamu bisa memilih aplikasi yang menurut kamu paling mudah dan paling nyaman.

Kali ini, Books and Groove akan memberikan cara mudah mendapatkan dan membeli buku digital di aplikasi PlayStore. Kami memilih PlayStore karena di setiap perangkat ponsel pintar berbasis Android pasti sudah memiliki PlayStore. Kamu juga diwajibkan mengunduh aplikasi PlayBook agar bisa membaca. Di PlayBook kamu juga bisa membeli buku. Nah, untuk pengguna gawai Apple berbasis iOS, kamu bisa mengunduh lebih dulu aplikasi PlayBook lewat AppStore.

Pertama-tama kamu buka aplikasi PlayBook atau PlayStore. Kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Lantas, kamu pilih menu “Books”. Jika kamu membuka di aplikasi PlayBook, tampilannya langsung seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu, kamu bisa mencari buku sesuai kategori atau kamu bisa lihat-lihat rekomendasi di halaman utama. Sebagai contoh, Books and Groove memilih buku Diam yang Sempurna terbitan MOR.FEM yang berisi cerita pendek dari pengarang dunia. Buku ini sudah berformat epub. Jadi, lebih nyaman dibaca. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Nah, kalau kamu belum familier dengan buku digital dan belum mau membeli buku, PlayBook memberikan pilihan “Free Sample”. Kamu bisa mencoba membaca buku digital tersebut dalam versi sampelnya. Di versi sampel, kamu bisa membaca 20% dari isi buku tersebut. Kalau kamu bermintat, kamu tinggal ketuk pilihan yang tertera harga buku di sebelah kanan pilihan “Free Sample”.

Setelah itu, kamu akan diberikan pilihan metode pembayaran. Ada tiga cara: kartu kredit, pulsa, atau redeem gift card. Pilih salah satu metode tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

Baca Juga:  Ferdinand Wiggers; Pengarang Legendaris yang Hilang dari Sejarah Sastra Indonesia

Setelah membeli, kamu sudah tidak akan menemukan lagi menu “Free Sample” dan harga buku. Kamu sudah bisa membaca buku yang kamu pilih dengan mengetuk menu “Read”. Lihat gambar di bawah ini.

Bagaimana, mudah kan? Tertarik mencoba?

 

DUKUNG BOOKSANDGROOVE.com

BOOKSANDGROOVE.com tidak memasang adsense demi kenyamanan membaca di situs kami. Namun, kamu tetap bisa mendukung kami untuk menghasilkan artikel-artikel menarik seputar dunia buku.

Kamu bisa memberi dukungan BOOKSANDGROOVE.com dengan membeli buku-buku digital dari kami di Google Books. Pembayarannya bisa menggunakan Gopay, kartu kredit, maupun pulsa.

Sila klik tautan di judul-judul buku kami berikut ini.

  1. Diam yang Sempurna (Kumpulan Cerpen Dunia) - Yiyun Li, Haruki Murakami, Laila Lalami, Salman Rushdie, Ludmilla Petrushevskaya, Gabriel Garcia Marquez, dan Jhumpa Lahiri.
  2. Batavia 1619 - Njoo Cheong Seng
  3. Demam Moskou: Antologi Roman Awal Abad ke-20 - Kwee Tek Hoaij, Liem King Hoo, Piow Kioe An
  4. Njai Isah dan Cerita Lainnya - Ferdinand Wiggers (Versi paperback bisa dibeli di sini)
  5. Student Hijdo - Mas Marco Kartodikromo
  6. Kemujuran Seorang Pengarang - Kumpulan Interviu Jorge Luis Borges, Orhan Pamuk, Gabriel Garcia Marquez, dan Laila Lalami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here